Implementasi Desain Pembelajaran Dalam Upaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa di Uptd Sd Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan
STAMIDIYA3835x ditampilkan Laman Dosen
IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA
DI UPTD SD NEGERI SEN-ASEN 1 KONANG BANGKALAN
SUTARSIH, S.Pd.I., M.Pd.
Kepala UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan
ABSTRAK
- Proses pembelajaran yang dapat dilakukan siswa untuk mempelajari suatu materi pelajaran yang di dalamnya mencakup rumusan tujuan yang harus dicapai atau hasil belajar yang diharapkan, rumusan strategi yang dapat dilaksanakan untuk mencapai tujuan termasuk metode, teknik, dan media yang dapat dimanfaatkan serta teknik evaluasi untuk mengukur atau menentukan keberhasilan Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan motivasi dan mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan prestasi siswa Di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan. Pelaksanaan penelitian akan dilakukan secara bertahap dengan melakukan interview langsung dengan para pemangku kepentingan di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, setelah menemukan data-data kemudian diolah dengan pendekatan kualitatif. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis Desain pembelajaran di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang adalah identifikasi tujuan pembelajaran dengan pendekatan masalah khusus dalam pembelajaran.b) Desain pembelajaran di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang terdapat analisis yang merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.c) Penyusunan Instrumen Penilaian yaitu dengan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.d) Pemilihan strategi pembelajaran sangatlah penting dalam memilih kegiatan pembelajaran yang paling efektif dan efisien untuk menciptakan pengalaman belajar yang baik. e) Implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan prestasi siswa adalah menganalisis karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran. f) Analisis Pembelajar/ analisis siswa merupakan kegiatan melakukan pengamatan, namun sebelumnya dapat mempertimbangkan siapa pembelajar untuk tepat instruksi tertentu. g) Tingkat Pendidikan dan Kemampuan Siswa akan memberikan wawasan ke dalam jenis pengalaman instruksional.
Kata kunci. Desain Pembelajaran, Motivasi dan Prestasi Siswa
- PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- embelajaran dengan desain instruksional dapat diartikan sebagai proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran, beserta aktivitas yang harus dilakukan, perencanaan sumber-sumber pembelajaran yang dapat digunakan serta perencanaan evaluasi keberhasilan. Sejalan dengan pengertian di atas, Gagne (1992) menjelaskan bahwa desain pembelajaran disusun untuk membantu proses belajar siswa, di mana proses belajar itu memiliki tahapan segera dan tahapan jangka panjang. Menurut Gagne, belajar seseorang dapat dipengaruhi oleh dua factor yakni factor internal dan factor eksternal. Factor internal adalah factor yang berkaitan dengan kondisi yang dibawa atau datang dari dalam individu siswa, seperti kemampuan dasar, gaya belajar seseorang, minat dan bakat serta kesiapan setiap individu yang belajar.
Meningkatkan prestasi belajar yang baik perlu diperhatikan kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal dalah kondisi atau situasi yang ada dalam diri siswa, seperti kesehatan, keterampilan, kemapuan dan sebaginya. Kondisi eksternal adalah kondisi yang ada di luar diri pribadi manusia, misalnya ruang belajar yang bersih, sarana dan prasaran belajar yang memadai. Winkel (1996:226) mengemukakan bahwa prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Sedangkan menurut Arif Gunarso (1993:77) mengemukakan bahwa prestasi belajar merupakan usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam pengusasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan tes angka nilai yang diberikan oleh guru (Asmara. 2009 :11). Menurut Hetika (2008:23), prestasi belajar adalah pencapaian atau kecakapan yang dinampakkan dalam keahlian atau kumpulan pengetahuan. Harjati (2008:43), menyatakan bahwa prestasi merupakan hasil usaha yang dilakukan dam menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu.
- Perumusan Masalah
Penelitian ini mefokuskan pada implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dengan sub rumusan masalah sebagai berikut : 1)Bagaimana implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan motivasi Di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan? 2)Bagaimana implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan prestasi siswa Di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan?
- Tujuan Penelitian
Berdasarkan sub fokus penelitian di atas, maka berbanding lurus dengan tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan motivasi Di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan. 2) Mendeskripsikan implementasi desain pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan prestasi siswa Di UPTD SD Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan... -->
Download PDF pada lampiran di bawah ini : Implementasi Desain Pembelajaran Dalam Upaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa di Uptd Sd Negeri Sen-Asen 1 Konang Bangkalan